Sabtu, 04 Desember 2010

peralatan sablon

screen sablon Screen . adalah media yang dipake untuk mengantarkan tinta sablon ke obyek sablon. Bahan dari kain kassa berbentuk persegi empat. Kain kassa ini memiliki pori2 (lubang) yang akan dibentuk sesuai film yang kita buat. Ukuran screen ada 2 macam, ukuran lebarnya screen misalnya 30X40 cm dan ukuran pori2(lubang) screen misalnya 48.
  • Film sablon. adalah cetakan desain gambar diatas kertas untuk membentuk afdrukan diatas screen. boleh dikatakan model gambar/desain/tulisan yang bakal kita tuangkan dalam obyek sablon (kaos, kertas, plastik, karton, dsb. Film ini biasanya dibuat melalui desain komputer yang diprint pake tinta laser (pake tinta print biasa sih bisa, tapi hasilnya kurang bagus). Desain sablon kebanyakan dibikin pake Corel ataupun Adobe.
  • Rakel sablon Rakel. Gunanya untuk mengkuaskan dan memindahkan tinta sablon yang ada di screen sehingga gambar terbentuk pada obyek sablon. Bahannya dari karet yang diberi pegangan kayu memanjang. Ada juga pegangan rakel yang terbuat dari alumunium
  • tinta sablonTinta sablon. Jenis tinta bermacam-macam dan nama tinta pun bergantung objek tempat kita nyablon ataupun hasil yang diinginkan. Tinta yang buat sablon kaos aja ada banyak macamnya. Ada juga tinta sablon kaos yang bisa bikin timbul setelah kita setrika dan ada tinta yang menyala di tempat gelap
  • Cairan-cairan pencampur. gunanya untuk mencampurkan tinta agar sesuai dengan tingkat kekentalan and warnanya. Bisa cairan M3, M3 Super, tinner, minyak tanah, dan sebagainya.
  • meja sablonMeja sablon. Tentunya kalo kita mau nyablon perlu meja sablon untuk meletakkan obyek sablonannya. Meja sablon ini terbuat dari rangka besi atau kayu. Di bagian atas adalah kaca transparan, dan dibawahnya diletakkan lampu neon agar bisa terlihat jelas saat menyablon. Meja sablon ini juga bisa dibuat sendiri koq sesuai keinginan kita.
  • hairdryerHair dryer. Berguna untuk mengeringkan tinta sablonan (terutama untuk sablon dengan banyak warna), apalagi pada saat musim hujan yang jarang ada sinar matahari terik. Juga berguna saat mengeringkan ulano ketika pembuatan afdruk di screen
  • Lampu Neon, temannya meja sablon. Diletakkan di bawah kaca meja yang ditempel dengan rangka besi ataupun kayu.
  • Tempat penjemuran. Bisa berupa kayu panjang berukuran 1,5 meter untuk tempat menjemur kaos yang sudah disablon agar cepat kering. Jumlahnya tergantung banyaknya kaos yang disablon. Peran sinar matahari terik sangat dibutuhkan agar proses pengeringan lebih cepat.
  • Beberapa peralatan pendukung. Seringnya kita lebih banyak membutuhkan beberapa peralatan pendukung agar menyablon lebih mudah dan cepat. Banyak perlatan yng kadang tak terpikirkan malah bisa mmebantuk proses menyablon ini.

  • Selamat menyablon ya… Kalau ada pertanyaan bisa lewat komentar. Ditunggu saran dan kritiknya.
    Regards,

    Next Prev home

    0 comments:

    Posting Komentar

    boleh komentar,tapi jangan mengeritik :p