Kamis, 09 Desember 2010

cara praktis sablon kaos

kaos distro
Sebelum shoping ke swalayan sablon, ini ada catatan khusus buat belanja:
  1. Screen T49 30X40
  2. Rakel untuk bahan *panjang 35cm
  3. Lem Foil
  4. SR 9902 warna emas
  5. Kertas Foil *yang Hologram
  6. Ulano TZ
  7. M3
  8. Binder
  9. Kertas Kalkir
  10. Ruang khusus kedap cahaya langsung, tapi nggak perlu gelap gulita.
  11. Gabus dengan ketebalan minimal 5cm
  12. Kaca bening 2mm
  13. Semprotan mandi burung
  14. Kain Teflon
Yuk mulai.., buat desain gambar suka-suka photoshop,illustrator,coreldraw,terserah..
Print gambar dengan warna hitam saja (printer laser lebih baik). Untuk kertas kalkir nggak bisa diprint pake printer inkjet, solusinya diprint pake kertas HVS aja, terus diolesin minyak goring keseluruh permukaan kertas, tunggu sampai kering.
kaos distro
sablon kaos
Sambil menunggu kertas kering, sekarang coba buka Ulano TZ, terus campur sensitizer ke Emulsion. Karnea bahan kimia ini mudah expired bila sudah dicampur, jadi dikira2 aja mencampurnya sensitizer-emulsion 1:9. Diaduk yang rata jangan sampai terkena cahaya langsung apalagi cahaya matahari. Masih dilokasi yang sama(ruang kedap cahaya), oleskan Ulano yang sudah dicampur tadi ke kain screen luar dan dalam (yang rata atuh..).
Kemudian keringkan ditempat yang kedap cahaya juga dengan kipas angin (kira2 butuh waktu 20menit), atau bisa juga dikeringkan dengan hairdryer (itu tuh..yang buat ngeringin rambut si salon eyke..yuuk).
Tahap berikutnya afdruk, bisa dengan cahaya matahari, bisa juga dengan cahaya lampu neon. Tapi seringnya saya memanfaatkan sinar matahari (Ultraviolet), gratis dan hemat energi. Urutan afdruk menggunakan sinar matahari sbb:
kaos distro
  1. Beri alas triplek atau sejenisnya pada bagian dasar/bawah.
  2. letakkan gabus diatasnya.
  3. letakkan screen diatasnya lagi
  4. letakkan gambar yang telah diprint diatasnya lagi, posisi gambar dibalik
  5. tutup dengan kaca bening diatasnya lagi
  6. pegang yang kuat rangkaian tsb dengan hati2
  7. bawa keluar rumah untuk disinari matahari (ikuti arah sinar matahari, durasi yang dibutuhkan 20-30detik)
Nah..sekarang terlihat kan hasil transfer bayangan gambarnya ke screean. Sekarang cepat2 bersihkan screen dengan bantuan penyemprot burung/spray. Semprot hingga bagian obat pada gambar merontok / serat kain terlihat mengikuti alur gambar. Keringkan lagi screen yang basah tadi hingga benar2 kering (pada bagian ini boleh dikeringkan langsung dengan cahaya matahari).
Jika sudah terbukti kering, siapkan rakel.
Sebelum merakel, siapkan dulu kaos yang ingin di sablon (kalo bisa bagian dalam kaos disisipi triplek yang datar). Letakkan screen diatas kaos, tuangkan lem foil kedalam screen, lalu shoot/sapukan rakel secara merata (jika kurang tebal, bisa di shoot sekali/dua kali lagi, tapi tunggu cetakan sebelumnya benar2 kering).
tips sablon kaos
Berikutnya mencuci lem foil yang telah dipakai pada screen untuk warna berikutnya yaitu, tinta emas. Sambil menunggu lagi screen kering, buatlah adonan tinta emas yang telah dibeli dengan mencampurkan m3 secukupnya (adonan jangan terlalu encer, jangan juga terlalu kental). Karna yang pesen minta logonya di foil hologram, sekarang screen pada gambar logo ditutup pake plester bening.
isolasi tape
kaos distro
Lanjut..letakkan screen diatas kaos yang telah di lapisi lem foil (pastikan gambar di screen mengikuti cetakan lem foil dikaos benar2 pas/presisi). Tuang tinta emasnya kedalam screen, sapukan hingga rata pada kaos (sorie..ketinggalan, pada saat menyapukan rakel ke kaos tekanan agak kuat).
Setelah pemolesan tinta emas kering, langkah terakhir men-cap hologram pada logo. Ini lebih mudah kok dari sebelumnya. Berhubung logonya hemat tempat, saya memilih setrika sebagai alat pengganti headpress (hemat energi..hemat biaya). Caranya,
kaos distro
Letakkan kertas foil diatas gambar logo (digunting kotak aja seukuran logonya, jangan sampai mengenai gambar yang sudah di-cap emas tadi).
kaos distro
Panaskan setrika sepenuhnya (jangan lupa untuk menambahkan kertas Teflon diatas kertas foil yang ingin di press),
setelah panasnya penuh langsung tiban aja diatas kertas foil yang tertutup Teflon(durasi lebih lama dari mesin headpress yaitu, 50detik).
kaos distro
Tunggu kertas foilnya benar2 mendingin, baru dicabut/dikeletek..
kaos distro
selesai.

Next Prev home

0 comments:

Posting Komentar

boleh komentar,tapi jangan mengeritik :p