Kamis, 09 Desember 2010

Tips remove screen_buat afdruk baru

Ada baiknya segera melakukan Clean Up screen yang masih menyisakan zat-zat kimia yang semakin kering tertiup angin, semakin mengeras zat kimia tsb. Sehingga menimbulkan tingkat kesulitan dalam merontokan cat sablon yang menempel pada kain saring. Selain itu, mengingat nilai ekonomis screen yang dapat berulang-ulang digunakan untuk pencetakan berikutnya.

Yang perlu disediakan dalam Clean Up screen printing:

1. Kain perca/kain sisa/lap gombal (menurut istilah javanisme)

2. Sabun colek yang dicampur M3

3. Air

4. Bayclean, jika masih membandel

Pertama, colet sabun colek menggunakan kain perca dan tambahkan sedikit M3. Oleskan sekuat tenaga keseluruh permukaan screen(depan-belakang / kedua permukaan) hingga nampak cat sablon terangkat dari kain saring/screen. Lakukan semaksimal mungkin sampai terlihat warna kain saring yang sesungguhnya.

Setelah puas mengusapkan secara berkala, tinggalkan screen beberapa saat. Biarkan zat kimia yang tsb bereaksi. Sekiranya sudah kering, bilas screen menggunakan air. Semprotkan air ke permukaan screen(depan-belakang / kedua permukaan) sampai bersih.

Jika masih terlihat bayangan seperti gambar afdruk yang dicetak, lakukan hal yang sama seperti diatas dan bilas lagi dengan air.

Kemungkinan yang masih muncul, bayangan afdruk yang belum juga hilang, langkah terakhir adalah menggosokkan kain perca menggunakan Bayclean yang dicampur cairan im3. Ingat, Bayclean dapat menyebabkan iritasi pada tangan. Tuangkan Bayclean secukupnya, kemudian gosok keseluruh permukaan screen dengan tekanan agak kuat sampai bayangan masa lalu itu menghilang. Kalau sudah, segera bilas dengan air bersih dan pastikan tidak ada kotoran dari zat kimia sekecil apapun menempel pada screen kesayangan anda.

Semoga Bermanfaat.

Next Prev home

0 comments:

Posting Komentar

boleh komentar,tapi jangan mengeritik :p