Sabtu, 04 Desember 2010

film sablon

Artikel kali ini membahas tentang pengenalan film sablon. artikel ini lanjutan dari tutorialbagi pemula mengenai pengenalan alat2 sablon. Artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Screen atau kain saring. langsung aja yuuk..

Film sablon adalah cetakan desain gambar diatas kertas untuk membentuk afdrukan diatas screen. Boleh dikatakan model gambar/desain/tulisan yang bakal kita tuangkan dalam obyek sablon (kaos, kertas, plastik, karton, dsb. Film ini biasanya dibuat melalui desain komputer yang diprint pake tinta laser (pake tinta print biasa sih bisa, tapi hasilnya kurang bagus). Desain sablon kebanyakan dibikin pake Corel ataupun Adobe.

Masih bingung ??? ya udah nih dikasih contohnya … Byar mudeng ;)

Misalnya aja kita mau cetak gambar dengan 3 warna putih, hitam dan merah seperti di bawah ini :
Film sablon

Naaah berarti sebelum dibuat cetakan afdruknya diatas screen, kita perlu memisahkan warna-warna yang ada sehingga tercipta 3 film nantinya. Biasanya sih editingnya di photoshop. Kira2 jadi filmnya setelah dipisahkan kayak gini nih :
Film 1 untuk warna hitamFilm sablon

Film 2 untuk warna merah
Film sablon

Dan film 3 untuk warna putih
Film sablon

Lanjuuut, kalo udah terpisah warna2nya seperti gambar di atas, kita tinggal mengganti warna2 tersebut menjadi hitam pekat, lalu di print di kertas transparan, atau juga boleh di kertas hvs biasa yang setelah di print kita lumuri dengan minyak sayur (biar lebih irit maksudnya. heee…).

Film2 sablon yang udah kita print dan dilumuri minyak tadi akan menjadi cetakan untuk membentuk afdrukan di atas screen.

Catatan :

  • Untuk film warna putih dibuat dengan asumsi bahwa kaos berdasar warna2 selain putih sehingga warna putihnya harus disablon juga. tetapi kalo kaosnya udah warna putih, film yang warna putih gak usah dicetak.
  • ketiga film harus dicetak dalam ukuran yang sama ya…. ada settingannya koq di photoshop

Oiya, untuk bahasan mengenai pemisahan warna di photoshop atau setting film di photoshop nanti akan saya berikan diartikel selanjutnya. Kalo ada yang kurang jelas silahkan tanya di komentar

Next Prev home

0 comments:

Posting Komentar

boleh komentar,tapi jangan mengeritik :p